Pesona Sunrise di Bukit Kapur Ciampea

 

Kota Bogor dikenal sebagai Kota Hujan, tapi sunrise-nya juga menawan. Selama ini orang menyangka hanya bisa melihat sunrise dari Gunung Salak, Gede dan Pangrango. Jarang yang tahu sunrise cantik dari bukit kapur Ciampea.

Biasanya bagi para pendaki, sunrise merupakan waktu yang dinanti-nanti di setiap pagi di atas puncak. Sayangnya, momen ini cuma bisa dinikmati saat cuaca cerah.

Sebagai penikmat Sang Jingga, saya tidak pernah mau melewatkan sunrise di setiap pagi ketika di puncak. Ada kenikmatan tersendiri melihat langit yang gelap tiba-tiba bercahaya. Apalagi bagi sang penggila matahari seperti saya.

Tempat terdekat bagi saya untuk menikmati sunrise yang cukup indah adalah Bukit Kapur, Ciampea. Bagi yang berdomisili di Bogor, silakan menyempatkan waktu untuk berkunjung ke bukit ini. Sunrisenya cukup oke lho.

Dari Terminal Baranangsiang atau Stasiun Bogor, kita bisa naik angkot 03 menuju Terminal Laladon atau Terminal Bubulak dengan ongkos 4 ribu rupiah. Kemudian dilanjutkan dengan angkot rute Bogor-Jasinga/Leuwiliang 5 ribu rupiah, kemudian turun setelah pertigaan Ciampea.

Dari sini, kita mulai berjalan kaki sekitar satu jam untuk mencapai puncak Bukit Kapur. Sedikit terjal tapi tidak terlalu jauh. Biasanya saya dan teman-temanku berangkat pukul 22.00 WIB dari Kampus IPB Dramaga, dan menghabiskan malam melihat Bogor dari atas.

Sambil bercengkerama, kami menunggu pagi datang dan semburat jingga menyapa. Terlentang beratap langit juga bagian favorit di bukit ini. Melihat bintang-bintang yang seolah diam, apalagi jika bulan purnama.

Kalau cuaca cerah, sang jingganya benar-benar indah berlatarkan Gunung Pangrango dan Gunung Salak, juga hijaunya Bogor dari ketinggian. Tapi kalau cuaca tidak bersahabat, jangan menyerah, datang lain waktu.

Saya pernah kehujanan tengah malam di perjalanan naik tanpa jas hujan, tanpa tenda, tanpa pakaian ganti, rasanya ingin cepat-cepat pagi. Nah, memang ada baiknya untuk membawa tenda ke sini, berjaga-jaga kalau hujan datang. Maklum Kota Hujan, biasanya hujan tidak terduga.

Ayo mengejar Matahari, nikmati sebelum dia pergi.


Komentar
    Belum ada komentar..
Kirim Komentar
Pimpinan
Agenda Kegiatan
Statistik Pengunjung
  • Hari Ini : 10
  • Kemarin : 7
  • Total : 13935